Sabtu, 18 Juni 2011

Adu Harga Di Pekan Raya Jakarta 2011

Pekan Raya Jakarta atau yang biasa di kenal sebagai Jakarta Fair merupakan ajang tahunan Kota Jakarta menyambut ulang tahun Ibu kota Negara Republik Indonesia. Setiap tahunnya, tempat tersebut menjadi bulan-bulanan wisatawan lokal maupun internasional dalam memburu sesuatu.

Mulai dari makanan, automotif, alat teknologi terbaru hingga budaya betawi yang selalu siap sedia diperhelatkan ketika pengunjung datang, ya tidak lain dan tidak bukan adalah lenong betawi. Pemainnya pun berasal dari betawi asli, salah satu diantaranya ada aktris senior yakni mpok Nori yang menjadi pengisi acara lenong tersebut.

Walaupun dari tahun ketahun penyelenggaran selalu membuat tampilan yang berbeda, pengunjungpun tidak bosan untuk kembali ketempat tersebut, bahkan acara tahunan ini selalu di tunggu-tunggu.

Jika anda mendatangi PRJ dan memasuki pintu utama tepatnya di gedung JI Expo, anda akan disajikan dengan beberapa tawaran, misalnya ada salah satu bank pemerintah yang jam operasionalnya mengikuti jam buka dan tutup PRJ, ini bisa dikatakan salah satu hal yang menarik, karena anda bisa menabung dan bertansaksi lainnya tidak dibatasi waktu tutup bank pada umumnya.

Selain itu juga, masih didepan pintu utama, ada stand produk sepatu terkenal mahalnya yang didiskon 50-70 persen khusus untuk acara PRJ, bahkan promo beli satu gratis satu pun di gunakannya untuk menarik konsumen selama 32 hari tersebut.

Setelah memasuki pintu utama, mata anda akan dimanjakan dengan berbagai macam produk yang stand nya berada di luar ruangan, segala macam cara pun digunakan produsen produk dengan mempercantik stand agar menarik konsumen untuk membeli. Dari pantauan VIVAnews, untuk urutan pertama stand yang ramai dikunjungi oleh konsumen adalah stand automotif terutama motor.

Merek motor yang sudah pasti terkenal memberikan terobosan baru untuk dipamerkan semenarik mungkin pada ajang ini, selain itu harga miring juga ditawarkan kepada pengunjung yang ingin membeli kendaraan roda dua tersebut. Terlebih, stand motor yang saling berhadapan, menyajikan tampilan khusus misalnya hiburan musik, stand motor matic masih menjadi juaranya.

Kedua, stand alat teknologi. Ini bisa dikatakan yang paling mencuri perhatian pengunjung, sebab, handphone, modem bahkan tablet keluaran terbaru dijajakan dengan harga yang luar biasa murahnya. Mulai dari handphone dengan harga mulai dari Rp100 ribu hingga jutaan rupiah.

Yang paling menarik perhatian adalah, promosi produk handphone, setiap stand memiliki ikon handphone tertentu, serta yang tidak kalah pentingnya adalah potongan harga yang terbilang fantastis. Selain itu juga, dan yang paling menarik di beberapa stand handphone ialah adanya promosi penukaran handphone model lama dengan handpone model baru, cara ini digunakan pemilik stand untuk menarik perhatian pengunjung.

Sebab, dengan penukaran handphone model lama tersebut, pengunjung bisa mendapatkan potongan harga mulai dari Rp 100-500 ribu untuk mendapatkan handphone apapun yang diinginkan. Selain itu juga, setiap stand handphone memiliki ikon tersendiri, misalnya ada badut yang memakai kostum handphone terbaru pada merek tertentu.

Menurut penurutan salah satu pengunjung, Linda, warga mampang, Jakarta Selatan, dirinya merasa puas dengan adanya berbagai penawaran yang diberikan pada salah satu merek handphone terkemuka. "Tidak sia-sia saya datang ke PRJ, saya sudah bawa handphone model lama untuk ditukar tambah dengan handphone model baru, setidaknya murahlah harganya, dan sudah dapat handphone bagus," ujar Linda.

Sampai waktu kunjung hampir habis, setiap stand handphone masih terlibat dibajiri oleh pengunjung. Untuk urutan ketiga, stand yang ramai dikunjungi adalah aksesoris kendaraan, misalnya ban mobil dan helm. Biasanya aksesoris kendaraan tersebut dijual dengan harga yang sangat fantastis, tetapi saat ajang PJR ini produsen memberikan penawaran harga miring.

Misalnya, untuk helm fullface, pemilik stand melakukan lelang untuk helm jenis tersebut, memang harga awalnya berkisar Rp 190 ribu, tetapi dengan adanya lelang tersebut, helm bisa didapatkan dengan harga Rp 150 ribu saja.

Dan untuk urutan terakhir stand yang dipenuhi pengunjung yakni stand makanan ringan. Tidak banyak pengunjung yang terlihat memadati stand tersebut, sebab para pengunjung lebih tertarik melirik produk yang jarang dijumpai dan bisa membeli dengan harga miring.

Kemudian, pada setiap malah harinya, PRJ selalu dipadati oleh pengunjung yang hanya ingin melihat grup band favoritnya perform. Selama 32 hari, panggung utama PRJ akan selalu di isi oleh artis dan grup band terkemuka di Indonesia. Jadi untuk satu bulan kedepan, PRJ salah satu tempat rekomendasi untuk mengisi liburan anda serta berbelanja apapun dengan harga yang terjangkau.

Dari keseluruhan, yang sangat disayangkan adalah jika anda masuk ke lingkungan PRJ, anda diharapkan kuat berjam-jam mengelilingi seluruh stand yang dipamerkan, pasalnya pihak pengelola acara tidak memberikan tempat istirahat misalnya tempat duduk khusu untuk para pengunjung yang merasa kelelahan. Karena hampir seluruh bagian lahan tertutupi stand berjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar